Candi Gebang

Daerah Istimewa Yogyakarta satu diantara provinsi di Indonesia yang mempunyai banyak arah wisata. Salah satu kabupaten yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta adalah Kabupaten Sleman. Kabupaten Sleman popular memiliki deretan wisata bersejarah yang berupa bangunan candi. Beberapa dari beberapa wisatawan yang buat jadi kabupaten ini jadi salah satu tempat harus yang akan dikunjungi waktu musim liburan hadir. Salah satu obyek wisata yang belum demikian popular tetapi keindahannya masih tersembunyi di Kabupaten Sleman adalah Wisata Candi Gebang.

Puncak Bukit Cendana

Bangunan Candi Gebang ini diperkirakan mulai dibikin waktu masa ke 8 masehi. Waktu zaman kekuasaan kerajan Mataram Kuno masih ada dibawah kepimpinan Wangsa Sanjaya. Dan bangunan ini diketahui berawal dari patung Ganesha oleh warga sekitar pada tahun 1936. Berdasarkan penemuan warga itu, beberapa arkeologis mulai kerjakan peneltian tentang kesempatan adanya satu candi dalam tempat peneman patung Ganesha itu.

Bukit Panguk Kediwung Jogja

Setelah diyakinkan adanya satu candi dalam tempat itu, seterusnya Candi Gebang alami pemugaran pertama yang di memimpin oleh Van Romondt pada tahun 1937 sampai 1939. Candi Gebang mempunyai luas sekitar 5,25 x 5,25 mtr. dan berdiri di atas kaki bangunan yang memiliki tinggi sekitar 2 mtr.. Tinggi dari keseluruhnya bangunan candi adalah 8 mtr.. Bahan basic bangunan ini sendiri berupa batu andesit. Candi Gebang ini menghadap kea rah timur dan mempunyai kekhasan tersendiri yang berupa puncak berbentuk linggak tegak di atas seroja yang menarik dan unik.

Hutan Mangrove Pasir Kadilangu

Pintu masuk ke ruangan pada badan candi ini ada selain timur. Di kanan dan kiri pintu masuk ada relung tempat arca. Di relung utara ada arca Nandiswara dan relung di bagian selatan dalam keadaan kosong. Konon relung yang kosong itu sebelumnya ada arca Mahakala. Selain barat ada relung yang berisi dengan arca Ganesha yang duduk di atas satu yoni dengan belalai yang mengarah utara. Kekhasan lain dari candi ini adalah tidak diketahui tangga untuk naik ke selasar di permukaan kaki candi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Brenda Blog © 2018 Frontier Theme