Apa Penyebab Terjadinya Sumbatan Pada Saluran Empedu?

Sisi putih mata serta kulit yang terlihat kekuningan, tinja yang berwarna jelas, serta air kemih yang berwarna gelap bisa adalah tanda dari jaundice obstruktif, satu keadaan dimana aliran empedu yang normal dari hati ke usus halus terhalang.

Jaundice obstruktif sendiri sesungguhnya tidaklah satu penyakit namun adalah satu tanda dari satu masalah kesehatan beda yang melibatkan hati, kandung empedu, atau pankreas. Untuk mengatasinya umumnya dibutuhkan aksi pembedahan.

Penyebab

Penyebabnya tersering dari jaundice obstruktif yaitu ada batu empedu yang mengganggu aliran cairan empedu. Penyebabnya beda dari jaundice obstruktif yaitu kista pada saluran empedu, penyempitan saluran empedu (striktur), pankreatitis, serta kanker, seperti kanker pankreas, kanker saluran empedu, kanker kandung empedu, serta kanker hati.

Keganasan yang mengakibatkan penyumbatan keseluruhan pada saluran empedu bisa buat pasien alami yang dirasakan gatal yang cukup berat karena penumpukkan bilirubin didalam kulit. Pasien dapat juga alami malnutrisi karna masalah sistem pencernaan makanan.

Bagaimana caranya ketahui apakah penyebabnya terjadinya jaundice obstruktif ini yaitu satu keganasan atau bukan? Rasa nyeri yang dirasa pasien umumnya sedikit berlainan.

Apabila pasien jaundice juga alami rasa nyeri, jadi hal semacam ini umumnya terkait dengan batu empedu, disamping itu jaundice yg tidak dibarengi oleh nyeri umumnya terkait dengan tumor. Hal semacam ini karena batu empedu relatif mengakibatkan infeksi, yang juga akan mengakibatkan pasien terasa nyeri serta demam.

Sistem Terjadinya Jaundice

Pada kondisi normal, hati juga akan menghasilkan empedu untuk mengolah makanan serta keluarkan product sisa metabolisme kedalam usus untuk di keluarkan dari pada badan. Waktu berlangsung masalah aliran cairan empedu, jadi kandungan bilirubin, satu product sambilan dari sistem metabolisme sel darah merah, juga akan menumpuk didalam hati serta pada akhirnya merembes kedalam aliran darah, yang juga akan buat kulit serta sisi putih mata jadi berwarna kekuningan.

Type Jaundice

Jaundice obstruktif sendiri sesungguhnya berlainan dengan jaundice medis biasanya. Pasien yang alami jaundice medis umumnya juga mempunyai kulit yang kekuningan, namun air kemih serta tinja tidak alami perubahan warna.

Jaundice medis umumnya dikarenakan oleh :

  • Jaundice hepatoseluler. Jaundice type ini umumnya dikarenakan oleh masalah hati, seperti hepatitis serta sirosis hati
  • Jaundice hemolitik. Jaundice type ini umumnya dikarenakan oleh penambahan metabolisme (penghancuran) sel darah merah didalam badan karena satu
  • kelainan darah spesifik, seperti talasemia, penyakit autoimun, atau malaria
  • Semuanya type jaundice ini bisa mengakibatkan penambahan kandungan bilirubin, yang juga akan buat kulit terlihat kuning.
Updated: March 19, 2018 — 12:15 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Brenda Blog © 2018 Frontier Theme