Cara Daftar Haji Plus – Tata Cara Daftar Naik Haji Khusus

Cara daftar haji pluskini menjadi hal yang harus dipecahkan oleh setiap calon jamaah haji. Setiap tahunnya orang-orang muslim berbondong-bondong ke tanah suci untuk menjalankan salah satu rukun Islam yaitu haji. Banyaknya orang yang ingin melaksanakan ibadah haji menjadikan pemerintah Indonesia membatasi jamaah yang diberangkatkan pada setiap tahunnya. Namun pada dasarnya terdapat beberapa cara cepat untuk mendaftar haji tanpa menunggu antrean keberangkatan selama 15 tahun.

Cara daftar haji plus kini menjadi hal yang harus dipecahkan oleh setiap calon jamaah haji. Setiap tahunnya orang-orang muslim berbondong-bondong ke tanah suci untuk menjalankan salah satu rukun Islam yaitu haji. Banyaknya orang yang ingin melaksanakan ibadah haji menjadikan pemerintah Indonesia membatasi jamaah yang diberangkatkan pada setiap tahunnya. Namun pada dasarnya terdapat beberapa cara cepat untuk mendaftar haji tanpa menunggu antrean keberangkatan selama 15 tahun.

Gunakan Haji Khusus
Cara daftar haji plus ini dapat dilakukan bagi para calon jamaah haji yang memiliki finansial yang lebih. Meskipun pada tahun 2012 jamaah harus menunggu 4 tahun, masa ini tergolong singkat jika dibandingkan dengan masa tunggu keberangkatan 10 tahun bahkan hingga 12 tahun.

Daftar Pada Provisi Lain
Setiap provinsi dan kabupaten di Indonesia memiliki kuota jamaah haji dari pemerintah pusat untuk setiap tahunnya. Provinsi dengan minoritas umat muslim pasti memiliki jumlah kuota yang masih jarang diisi sehingga waktu tunggu keberangkatan tidak terlalu lama. Dengan daftar di provinsi yang minim jamaah haji akan membuat antre dan menunggu keberangkatan yang lama.

Pakai Visa TKI Arab
Visa TKI Arab Saudi terdapat 2 macam, yaitu visa terikat dan visa bebas. Dengan visa bebas maka seorang TKI bebas memilih majikan, sehingga untuk cepat haji bisa menggunakan visa bebas . jika cara ini telah dilakukan maka calon jamaah haji harus memiliki hubungan dengan orang Indonesia yang berada di Arab Saudi untuk mengurusi akomodasi tempat tinggal selama berada di Arab Saudi untuk ibadah haji dengan cara daftar haji plus cepat.

Cara Daftar Naik Haji Plus dan Haji Reguler

Haji merupakan rukun islam kelima dan wajib ditunaikan oleh orang islam yang sudah mampu. Menunaikan ibadah haji bisa dilaksanakan dengan cara yang aman dan dibawah lindungan Pemerintah Republik Indonesia. Cara daftar naik haji bisa dengan dua cara yaitu Haji Plus dan Haji Reguler. Jika Anda ingin menunaikan ibadah haji sebaiknya pahami dulu langkah atau cara yang benar saat mendaftar haji.

Memahami cara mendaftar haji dengan benar akan membuat Anda terhindar dari oknum-oknum yang menyalahgunakan penyelenggaraan haji. Sebenarnya memahami cara mendaftar haji reguler maupun ONH Plus bisa Anda pahami dengan mudah. Perlu Anda ingat, jika Anda mendaftar haji tahun ini kemungkinan berangkatnya tahun depan atau masih menunggu hingga waktu yang ditentukan.

Haji Plus
Cara mendaftar haji plus yaitu dilakukan di KEMENAG setempat agar mendapatkan Surat Permohonan Pergi Haji (SPPH) dengan menyetorkan dana awal sebesar 4000U$ melalui Bank yang ditentukan pemerintah supaya mendapatkan nomor kuota. Setelah itu, serahkan nomor kuota kepada travel penyelenggara Haji Plus. Lunasi biaya perjalanan haji setelah memperoleh kepastian waktu pergi haji yang ditentukan.

Haji Reguler
Daftarkan calon jama’ah haji di Kantor Kementrian Agama sesuai dengan persyaratan yang ditentukan. Pendaftaran calon jama’ah haji reguler dilakuakn sepanjang tahun di Wilayah Negara Indonesia dengan prinsip berdasarkan nomor urut pendaftaran agar bisa digunakan sebagai dasar pelayanan pemberangkatan jama’ah haji.

Daftar haji 2018 di Negara Indonesia

Ibadah Haji merupakan Ibadah wajib bagi orang Islam yang sudah mampu. Bagi warga Indonesia yang ingin menunaikan Ibadah Haji harus melakukan pendaftaran haji terlebih dahulu. Daftar haji 2018 untuk calon jama’ah haji reguler dan calon jama’ah haji plus dilakukan di Kantor Kementerian Agama. Setelah melakukan pendaftaran, maka harus menunngu masa keberangkatan haji sampai waktu yang telah ditentukan dengan cara mengecek nomor porsi haji yang sudah didapatkan. Jika Anda mendaftar haji pada tahun 2018, maka pemberangkatan haji bisa saja pada tahun 2030/2031. Tidak semua masa tunggu pemberangkatan haji itu memiliki waktu yang sama, karena  masa tunggu bisa berubah-ubah.

Biaya Pendaftaran Haji 2018
Sebelum melakukan proses pendaftaran, sebaiknya persiapkan terlebih dahulu uang yang akan dimasukkan ke dalam saldo tabungan haji di bank yang telah ditentukan. Setelah itu ajukan surat permohonan validasi pendaftaran haji di Bank tersebut. Pastikan biaya tabungan sudah mencapai 25 juta karena akan digunakan sebagai biaya pendaftaran awal.

Syarat Pendaftaran Haji 2018
Adapun syarat yang dibutuhkan untk melakukan pendaftaran haji diantaranya yaitu surat validasi, fotocopy KTP, fotocopy KK, surat keterangan domisili dari kelurahan, Fotocopy buku nikah, fotocopy buku tabungan, pas foto 3×4 dengan ukuran 80 % tampak wajah, dan surat keterangan sehat dari sokter.
Setelah syarat pendaftaran haji terpenuhi semuanya, Anda bisa langsung melakukan proses pendaftaran haji di Kantor Kementrian Agama terdekat dengan menyerahkan semua syarat pendaftaran yang sudah ditentukan.

Daftar Tunggu Haji Plus Se Indonesia

Bagi calon Jama’ah haji yang bisa berangkat menunaikan ibadah haji ke tanah suci pada tahun ini patut bersyukur. Karena daftar tunggu haji plus semakin lama semakin panjang. Daftar tunggu haji plus saat ini bisa mencapai hingga 7 tahun yang akan datang setelah proses pendaftaran selesai. Daftar tunggu haji khusus atau haji plus ini sebentar dibandingkan dengan daftar tunggu haji reguler.
Pada umumnya daftar tunggu haji reguler bisa mencapai hingga 17 tahun. Maka dari itu banyak sekali peminat yang ingin menunaikan ibadah haji plus karena daftar tunggunya lebih pendek dibandingkan dengan daftar tunggu haji reguler. Oleh karena itu, bersyukurlah bagi jama’ah haji yang sudah bisa berangkat pada tahun ini karena sudah tidak menunggu lagi.

Banyaknya Calon Jama’ah Haji
Banyaknya calon jama’ah haji di Indonesia, membuat calon jama’ah haji harus sabar menunngu keberangkatannya. Karena bukan hanya calon jama’ah haji reguler saja yang harus menunggu pemberangkatan haji hingga bertahun-tahun. Karena pemberangkatan calon jama’ah haji plus saat unu juga harus menunggu hingga bertahun-tahun sampai waktu pemberangkatan yang pasti.

Pemberangkatan Haji Plus
Jumlah calon jama’ah haji plus yang semakin banyak dari berbagai Kabupaten dan Kota se Indonesia setiap tahunnya diberangkatkan 17.000 orang atau calon jama’ah haji yang pergi ke tanah suci. Pelayanan haji plus berbeda dengan pelayanan haji reguler, karena biaya yang ditetapkan oleh pemerintah mengenai biaya haji plus dikenakan tarif yang lebih mahal.

Cek Keberangkatan Haji Menggunakan Nomor Porsi

Bagi umat islam yang ingin menunaikan ibadah haji di tanah suci tentu harus sudah mampu baik keuangan ataupun kesehatannya. Jika sudah siap secara keseluruhannya, maka calon jama’ah haji bisa langsung mendaftarkan diri dan mendapatkan  nomor porsi. Nomor porsi haji bisa digunakan untuk cek  keberangkatan haji yang sudah ditentukan.Berdasarkan nomor porsi haji memudahkan calon jama’ah haji dalam mengecek kapan waktu keberangkatan haji sehingga bisa memperseiapkan segala sesuatu dengan matang. Nomor porsi haji itu sendiri merupakan nomor yang didapatkan oleh calon jama’ah haji ketika sudah menyetor BPIH di bank.

Nomor Porsi Haji
Cara mengecek perkiraan berangkat haji setelah cara daftar haji plus,bisa dilakukan dengan menggunakan nomor porsi haji yang tertera dalam bukti setoran awal saat mendaftar haji di bank. Bukti dari setoran awal tersebut merupakan bukti bahwa Anda telah terdaftar sebagai calon jamaa’ah haji. Sehingga nomor porsi bisa Anda dapatkan setelah melunasi setoran awal pendaftaran haji Anda.

Cek Nomor Porsi dan Keberangkatan Haji
Untuk mengecek nomor porsi dan keberangkatan haji bisa dilakukan dengan mudah, yaitu dengan mengikuti langkah di bawah ini :

  1. Masukkan nomor porsi yang sudah Anda miliki
  2. Lalu tekan enter dan,
  3. Anda bisa lihat hasilnya dimana informasi detail bisa Anda baca secara jelas mengenai identitas Anda dan perkiraan keberangkatan haji yang sudah ditentukan.

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Brenda Blog © 2018 Frontier Theme